Tuesday 8 October 2013

Belajar "BROADCASTING" : Presenter (Pembawa Acara)

  
Presenter adalah orang yang bertugas sebagai pengatur atau pemimpin pada sebuah acara, yang biasanya di dalam media cetak.
Presenter adalah orang yang membawakan dan menyampaikan sebuah informasi, atau narasi dalam sebuah program acara di stasiun televisi. Seperti program acara berita, kuis, game show, talkshow, acara musik, infotainment, olah raga dan realityshow.
Pembawa acara televisi juga dilibatkan dalam penulisan naskah jika diperlukan. Tugas lain yang sering dilakukan oleh pembawa acara antara lain adalah mewawancarai tokoh, menjadi moderator diskusi, dan memberikan komentar pada suatu acara olahraga, parade, dan acara-acara lainnya.

Presenter di bagi menjadi tiga bagian :
  • Presenter Televisi
  • Presenter Berita televisi
  • Presenter radio
   Presenter televisi adalah pembawa acara atau program televisi. Saat ini istilah itu banyak melekat pada selebriti yang sering memainkan peran ini, meski ada juga orang yang bukan selebriti yang berhasil menekuni karier ini, terutama dalam dunia program anak televisi, dimana selebriti menjadi kurang penting.
Seorang presenter televisi biasanya juga seorang aktor, penyanyi, dan lainnya, tapi umumnya terkenal karena menjadi presenter program tertentu. Pengecualiannya adalah presenter untuk program politik atau ilmiah yang biasanya merupakan profesional di bidangnya, atau selebriti yang berhasil di satu bidang tapi punya minat di bidang tertentu lainnya.

  Pembawa acara berita adalah pembawa acara berita di televisi atau radio. Istilah ini biasa dipakai di industri televisi di Indonesia dan merupakan padanan penyiar berita yang juga banyak dipakai di radio. Secara internasional dikenal tiga kategori yakni pembaca berita (newsreader), penyiar berita (newscaster), dan jangkar berita (anchor).

  Pembawa acara radio adalah orang yang berperan mebawa sebuah acara pada radio, pembawa acara radio juga sering disebut dengan sebutan penyiar.!

FUNGSI PEMBAWA ACARA
 
Fungsi  yang  dijalankan  Pembawa  Acara,  dalam  perkembangannya tidak sesederhana di awal-awal. Acara yang makin  besar dan rumit membuat fungsi MC bertambah banyak, antara  lain adalah :
1.  Pengendali jalannya acara (conductor)
2.  Penghibur
3.  Komunikator
4.  Daya pikat   
5.  Pengatur

Keprebadian yang harus dimiliki oleh pembawa acara adalah

Ekstrovert, yaitu orang-orang yang suka mengekspresikan apa yang dipikirkan, dirasakan, kepada orang lain; pendek kata orang yang suka memperbincangkan berbagai hal dengan orang lain secara terbuka.

Generalis, yaitu orang yang memiliki banyak pengetahuan umum, yang akan memungkinkan dia untuk “bicara apa saja”.
Fleksibel, yaitu orang yang luwes, mudah menyesuaikan diri dengan situasi. Friendly, yaitu orang yang mudah bergaul, dank arena pembawaannya disenangi banyak orang.

Artikel By : Andi keja pratama

Follow Us : @andikeja dan Blog ini 
kritik dan Saran :
                   Mention Ke Twitter : @andikeja
                   E-Mail Ke : andikeja@gmail.com

Terima Kasih Atas Perhatiaanya !

 


 

No comments:

Post a Comment