Wednesday 24 July 2013

Polda Minta Disiapkan Alat Berat di Jalur Mudik

INILAH.COM, Bandung - Di beberapa lokasi rawan longsor yang dilintasi pemudik di wilayah Jabar, Polda Jabar akan menyediakan alat berat dan juga petugas kesehatan. Itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya longsor.



Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, di beberapa jalur mudik di Jabar memang ada beberapa tempat yang diindikasikan rawan longsor. Baik di jalur pantura, tengah ataupun selatan.

"Untuk itu kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait di Provinsi untuk pengadaan alat berat," kata Martinus saat dihubungi wartawan, Kamis (25/7/2013).

Ia menyebutkan, alat berat diperlukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi longsor di kawasan tersebut. Dengan demikian, evakuasi bisa langsung dilakukan tanpa harus menunggu lama.

Menurutnya, jika dinas terkait tidak siap, pihak provinsi bisa menginstruksikan kepada pemda/pemkot yang terlewati arus mudik, dan kawasannya dinyatakan rawan longsor untuk menyediakan alat berat.

Selain alat berat, katanya, kesiagaan paramedis dan tim kesehatan juga sangat dibutuhkan di setiap titik lokasi mudik. Dengan begitu, jika terjadi kecelakaan bisa langsung ditanggulangi dengan pertolongan pertama pada kecelakaan, dan jika parah bisa langsung dirujuk ke rumah sakit setempat.

Hal senada diungkapkan Kapolda Jabar, Irjen Pol Suhardi Alius. Menurutnya, Polda Jabar akan berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemprov untuk menyediakan alat berat di titik rawan longsor.

"Kita akan berkoordinasi, dan minta disediakan alat berat di lokasi rawan longsor," tandas SUhardi.[ang]

pendapatnya ?
Sumber

Folow twitter disini


No comments:

Post a Comment